• Sunday, 06 October 2024

Fakta Unik: Warna Pink Awalnya Disematkan untuk Laki-laki, Loh!

Fakta Unik: Warna Pink Awalnya Disematkan untuk Laki-laki, Loh!
Ilustrasi pengelompokan gender dengan warna pink dan biru. (Shutterstock)

SEAToday.com, Jakarta – Perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan kerap ditandai dengan warna, yaitu biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan. Dari tahun-tahun ke tahun, dua warna ini sudah melekat pada masing-masing gender.

Namun, berdasarkan catatan sejarah, ternyata dulu warna pink justru digunakan untuk laki-laki, sedangkan perempuan menggunakan warna biru. Lalu, bagaimana bisa bertukar seperti sekarang? Begini ceritanya.

Pergeseran gender warna menjadi seperti sekarang, terjadi secara bertahap. Seperti yang ditulis oleh Jo Paoletti, professor dari Universitas Maryland, Amerika Serikat dalam “Pink and Blue: Telling The Boys from the Girls in America.”

Warna pastel baru dikenalkan pada abad ke 19, namun saat itu belum dikelompokan berdasarkan gender. Pengelompokan gender menggunakan warna dimulai pada tahun 1918, warna biru untuk perempuan dan merah muda untuk laki-laki.

Tentu ada alasan dibalik pengelompokan ini. Leatrice Eiseman, seorang ahli warna dan Direktur Eksekutif dari Pantone Color Institute mengatakan, "pink terkait dengan warna merah yang bersemangat, bergairah, lebih aktif, lebih agresif. Sehingga, warna ini diasosiasikan dengan anak laki-laki. Sedangkan warna biru dikaitkan dengan Virgin Mary, sehingga konotasinya pun lebih feminin.”

Semua itu memengaruhi para orang tua untuk mempertimbangkan kesesuaian antara warna produk dengan jenis kelamin anaknya. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat cenderung mengaitkan warna pink dengan perempuan. Mereka merasa, warna merah yang identik dengan nuansa romantis dan emosional lebih pas dengan perempuan.

Karena itulah, memasuki tahun 1940 kode gender untuk pink dan biru mulai berubah dimana anak perempuan lebih sering memakai warna pink daripada anak laki-laki. Dunia fashion juga turut membuat perubahan stereotip ini populer. Produk pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki jadi trend.

Di tahun 1960, pengelompokkan warna untuk gender ditentang oleh para perempuan yang bergabung dalam Women’s Liberation Movement. Mereka mulai mempopulerkan pakaian unisex. Fashion dengan warna dan model netral, jadi trend hingga tahun 80-an.

Di tahun 80-an test prenatal mulai muncul. Para calon orang tua dapat mengetahui jenis kelamin bayi mereka sebelum lahir sehingga memungkin untuk menyiapkan segala kebutuhan bayi sejak masih di kandungan.

Seiring dengan trend ini, produk-produk yang dipersonalisasi semakin diminati. Pengelompokan warna gender kembali diminati. Warna pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki.

Dampak adanya steriotip warna berdasarkan gender ini, membuat laki-laki merasa enggan dan malu mengenakan pakaian berwarna pink. Sementara, untuk perempuan, situasinya lebih netral, bisa mengenakan kedua warna gender tersebut tanpa risih dengan stereotip tertentu.

 

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.