• Friday, 18 October 2024

5 Tips Memperkuat Ikatan Orangtua dan Anak

5 Tips Memperkuat Ikatan Orangtua dan Anak
Ilustrasi Jalin Ikatan Orangtua dan Anak (Photo by Priscilla Du Preez 🇨🇦 on Unsplash)

SEAToday.com, Jakarta - Menjalin ikatan (bonding) dengan anak sangat penting bagi perkembangan dan kesejahteraannya. Orangtua wajib mengetahui beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari untuk mempererat ikatan tersebut.

Dilansir dari UNICEF, anak-anak akan tumbuh dengan baik jika mereka merasa aman dan dicintai. Bagi banyak orangtua, membentuk ikatan yang erat dengan anak mereka adalah hal yang mudah.

Namun, bagi orang lain yang tidak merasa disayangi, dilindungi, atau dihargai selama masa kecilnya, hal ini bisa jadi lebih sulit. Kabar baiknya, keterampilan mengasuh anak dapat dipelajari.

Memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak Anda berdampak pada perkembangan otak yang sehat, rasa percaya diri, kemampuan untuk berkembang, dan bahkan kemampuan untuk menjalin hubungan saat mereka menjalani kehidupan.

Berikut lima tips menjalin ikatan dengan anak:

1. Perhatikan apa yang anak lakukan

Ketika bayi atau anak menangis, membuat gerakan atau mengoceh, tanggapi dengan tepat dengan pelukan, kontak mata, atau kata-kata. Hal ini tidak hanya mengajarkan anak bahwa Anda memerhatikannya, tetapi juga membantu membangun koneksi saraf di otak si kecil yang mendukung perkembangan keterampilan komunikasi dan sosialnya.

2. Bermain bersama

Dengan bermain bersama si kecil, Anda menunjukkan kepadanya bahwa ia dihargai dan menyenangkan untuk diajak bermain. Berikan perhatian penuh saat Anda bermain bersama dan nikmati melihat dunia dari sudut pandang si kecil.

Saat Anda menikmati saat-saat menyenangkan dan tertawa bersama, tubuh Anda melepaskan endorfin (hormon perasaan senang) yang meningkatkan perasaan nyaman bagi Anda dan anak Anda.

3. Peluklah anak erat-erat

Memeluk dan melakukan kontak kulit ke kulit dengan bayi Anda membantu mendekatkan Anda dalam banyak hal. Anak Anda akan merasa terhibur dengan detak jantung Anda dan bahkan akan mengenal bau Anda.

Seiring bertambahnya usia anak Anda, memeluknya dapat membantu mereka belajar mengatur emosi dan mengelola stres. Ini karena ketika seorang anak menerima pelukan, otak mereka melepaskan oksitosin - zat kimia "rasa nyaman" - dan menenangkan pelepasan kortisol, zat kimia "stres."

4. Berbincang

Menaruh minat pada apa yang dikatakan anak menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan pikiran dan perasaan mereka. Hal ini bahkan dapat dimulai sejak hari pertama.

Dengan berbicara dan bernyanyi lembut kepada bayi Anda yang baru lahir, hal ini akan membuat mereka tahu bahwa Anda berada di dekatnya dan memerhatikan mereka. Ketika mereka mengeluarkan suara-suara berdecak, tanggapi dengan kata-kata untuk membantu mereka mempelajari percakapan.

5. Tanggapi kebutuhan mereka

Mengganti popok, memberi makan anak dan membantu anak tertidur meyakinkan mereka bahwa kebutuhan mereka akan terpenuhi dan bahwa mereka aman dan dirawat. Merawat anak dan memenuhi kebutuhan anak juga merupakan pengingat yang baik tentang kemampuan Anda untuk mendukung anak.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.