• Thursday, 17 October 2024

5 Jenis Kopi yang Aman untuk Lambung

5 Jenis Kopi yang Aman untuk Lambung
Ilustrasi - Jenis kopi yang aman dikonsumsi untuk lambung. (dok: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Kopi seakan menjadi salah satu rutinitas setiap orang saat ini. Kebanyakan orang mengonsumsi kopi untuk menjadi pelengkap ketika bersantai atau menemani saat bekerja.

Sayangnya, kopi ini tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Bagi sebagian orang terutama yang memiliki masalah dengan lambung, minum kopi bisa menjadi sebuah ancaman untuk lambungnya.

Hal ini karena sifat asam dan kafein tinggi dalam terkandung dalam kopi. Namun, terdapat beberapa jenis kopi yang aman dikonsumsi untuk lambung sehingga tidak akan memicu penyakit maag.

Berikut adalah jenis kopi yang aman untuk lambung:

1. Arabika

Arabika merupakan salah satu jenis kopi yang populer yang banyak diminati. Arabika ini termasuk jenis kopi yang aman dikonsumsi untuk lambung.

Biji kopi arabika memiliki rasa yang agak asam dan sedikit manis. Akan tetapi, kopi ini mengandung kafein yang cukup rendah, yaitu sekitar 90 mg setiap cangkirnya. Oleh karena itu, jenis kopi ini dianggap cukup aman untuk lambung.

2. Kopi luwak

Kopi luwak merupakan kopi khas Indonesia yang terbuat dari biji kopi yang diolah secara alami oleh hewan luwak.

Dalam proses pembuatannya, biji kopi luwak akan difermentasi di dalam perut luwak agar memiliki cita rasa yang segar dengan aroma yang lembut.

Kopi ini mengandung kafein yang lebih rendah dan bersifat tidak terlalu asam, sehingga relatif aman untuk lambung. Kandungan kafein dalam secangkir kopi luwak hanya 45 mg.

3. Espresso

Salah satu cara menyeduh kopi yaitu dengan metode espresso. Metode ini yaitu dengan mengekstrak sari biji kopi dengan air panas dan tekanan dari mesin espresso.

Espresso memiliki kadar asam yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan metode lain, seperti drip atau pour-over

Ini karena waktu ekstraksi espresso lebih singkat, sehingga lebih sedikit komponen asam yang terlarut dalam minuman. Tidak hanya itu, penyajian espresso biasanya disajikan dalam gelas kecil, sehingga konsumsi kopi juga semakin sedikit.

4. Dark roast

Kopi dark roast merupakan kopi yang bijinya dipanggang lebih lama pada suhu yang tinggi. Proses ini pun memberikan rasa yang lebih dalam, kaya, dan terkadang sedikit pahit.

Selain itu, proses roasting ini diyakini mampu mengurangi komponen asam dalam biji kopi. Hal ini membuat kadar asam kopi dark roast lebih rendah dibandingkan kopi light roast atau medium roast.

5. Kopi susu

Menambahkan susu ke dalam kopi bisa mengurangi risiko naiknya asam lambung atau maag. Hal ini karena kandungan protein pada susu dapat mengurangi efek kopi dalam meningkatkan asam lambung.

Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa kopi susu bisa diminum lebih banyak dari kopi biasa. Ini karena kopi dan susu tetap mengandung kafein dan tingkat asam yang sama dengan kopi tanpa susu, tergantung jenis kopi yang digunakan.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.