• Sunday, 06 October 2024

Pendaki Gunung Fuji Musim Panas ini Menurun Setelah Diberlakukan Biaya Masuk

Pendaki Gunung Fuji Musim Panas ini Menurun Setelah Diberlakukan Biaya Masuk
Ilustrasi Gunung Fuji, Jepang (Photo by Filiz Elaerts on Unsplash)

SEAToday.com, Tokyo - Jumlah pendaki yang mendaki Gunung Fuji pada musim pendakian tahun ini lebih sedikit, setelah pihak berwenang Jepang memberlakukan biaya masuk dan pembatasan jumlah pendaki per hari untuk mengatasi over tourism

Pemesanan online juga diberlakukan tahun ini dengan mempertimbangkan keselamatan dan kerusakan lingkungan di gunung tertinggi di Jepang tersebut.

Berdasarkan data dari kementerian lingkungan hidup, jumlah pendaki turun 14 persen antara awal Juli - ketika jalur pendakian gunung berapi ini dibuka untuk musim panas - hingga awal September. Angka ini didapat dari perangkat inframerah yang dipasang di empat jalur pendakian.

Turunnya angka jumlah pendaki di tengah tingginya pengunjung asing, merupakan indikator keberhasilan kebijakan yang diberlakukan. Paruh pertama 2024 saja, tercatat hampir 18 juta turis datang ke Jepang.

Tahun lalu, para pejabat telah memperingatkan tentang pariwisata dengan jumlah pengunjung yang berlebihan di tempat wisata yang dulunya tenang ini, dan gubernur setempat di wilayah Yamanashi memperingatkan bahwa “Gunung Fuji saat ini sedang menjerit”.

Musim panas ini, kementerian lingkungan hidup menghitung ada sekitar 178.000 pendaki, jika dibandingkan dengan lebih dari 200.000 pendaki pada tahun sebelumnya dan sebelum pandemi.

Gerbang menuju jalur pendakian ditutup pada hari Selasa (10/9), menandai berakhirnya musim pendakian. Informasi sementara ini berlaku hingga 4 September dan akan diperbarui di kemudian hari, kata seorang pejabat kementerian kepada AFP, Rabu (11/9).

Gunung ini diselimuti salju hampir sepanjang tahun, namun selama musim panas banyak pendaki yang mendaki di malam hari untuk melihat matahari terbit dari puncak setinggi 3.776 meter.

Tahun ini, biaya masuk sebesar 2.000 yen (US$14) atau sekitar 217.700 rupiah ditambah donasi opsional dibebankan pada Jalur Yoshida yang populer, dengan jumlah pendaki yang dibatasi hingga 4.000 orang per hari. Tiga jalur lainnya tetap gratis.

Kekhawatiran muncul karena beberapa pendaki tidur di jalan setapak atau menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri, sementara yang lain jatuh sakit atau terluka setelah mencoba mencapai puncak tanpa istirahat.

Gunung Fuji berjarak sekitar dua jam dari pusat kota Tokyo dengan menggunakan kereta api dan dapat dilihat sejauh beberapa kilometer.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.