• Sunday, 06 October 2024

Mengenal Sekolah Orang Utan, Peran dan Tantangannya Kini

Mengenal Sekolah Orang Utan, Peran dan Tantangannya Kini
Sekolah orang utan di Kalimantan sebagai tempat konservasi melestarikan satwa dari kepunahan (Foto: Pinterest)

SEAToday.com, Kutai Kartanegara – Borneo Orang Utan Survival Foundation atau BOSF Samboja Lestari di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur merupakan satu dari beberapa sekolah orang utan yang ada di Indonesia. Ternyata tak hanya manusia yang perlu mendapat kesempatan belajar di sekolah, hewan seperti orang utan pun perlu bersekolah.

Biasanya sekitar pukul 08.00 WITA anak-anak orang utan sudah semangat untuk masuk ke dalam sekolah. Berbeda dengan anak sekolah, anak-anak orang utan ini tak berani membolos apalagi tiba-tiba merengek minta pulang karena malas belajar di sekolah.

Di sekolah orang utan ini terdapat baby house atau rumah bayi dan sekolah hutan (SH).Rumah bayi diisi oleh orang utan usia 0-2 tahun. Kebanyakan bayi-bayi orang utan diselamatkan dari hutan karena terpisah dari induknya atau induknya sudah mati.

Sedangkan sekolah hutan dibagi beberapa jenis, ada yang khusus orang utan usia 2-4 tahun dan 4-6 tahun. Apabila orang utan sudah berusia 7 tahun maka pelan-pelan akan dilepaskan di pulau-pulau kecil yang ada di kawasan Samboja Lestari untuk belajar hidup dalam alam liar.

Luas sekolah hutan yang ada di  Samboja Lestari mencapai 95 hektar.Orang utan setiap hari sekolah dan tidak mengenal hari libur. Biasanya orang utan tidak sekolah apabila sedang turun hujan atau ada yang sakit.

Apa saja yang dipelajari orang utan di sekolah? Orang utan diajari untuk hidup mandiri seperti makan daun dan buah hutan, mencari makan sendiri, memanjat pohon, membuat sarang, dan mengenali beragam bahaya, karena nantinya orang utan akan dilatih mandiri untuk tinggal di luar pulau.

Adanya sekolah orang utan ini memang memiliki peran yang penting. Fasilitas sekolah orang utan merupakan langkah maju yang dilakukan berbagai pihak untuk melestarikan sekaligus melindungi orang utan. Sekolah orang utan juga menjadi kesempatan besar para peneliti Indonesia untuk belajar bidang konservasi orang utan di Indonesia.

Apakah sekolah orang utan punya persoalan? Tentu saja ada. Biaya perawatan dan sekolah orang utan sangat mahal. Untuk sebulan saja satu ekor membutuhkan Rp 3 juta mulai dari biaya perawatan termasuk makanan dan minuman. Belum lagi biaya gaji para pengajar dan pendamping orang utan di sekolah yang tentu mendapat bayaran tak murah.

Ada juga persoalan soal ketidakseimbangan antara orang utan yang direhabilitasi dengan yang dilepasliarkan. Kapasitas orang utan yang bersekolah sangat banyak sedangkan yang sudah “lulus” jumlahnya sedikit sehingga tak sebanding. Maka dibutuhkan beberapa lahan kosong untuk bisa dibangun tempat konservasi orang utan termasuk sekolahnya.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.