• Sunday, 08 September 2024

KA Blambangan Ekspres: Kereta yang Layani Rute Terjauh di Indonesia

KA Blambangan Ekspres: Kereta yang Layani Rute Terjauh di Indonesia
Ilustrasi - Kereta Blambangan Ekspres rutenya diperpanjang dari Jakarta - Ketapang Banyuwangi (Foto: ANTARA/HO-Humas KAI Jember)

 SEAToday.com, Jakarta  – Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres resmi beroperasi dalam melayani rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi) – Stasiun Pasar Senen (Jakarta) atau sebaliknya. Pada Jumat (26/7) kereta tersebut juga menjadi KA yang melayani rute terjauh di Indonesia dari Jakarta – Banyuwangi dan Banyuwangi-Jakarta dengan jarak 1.031 kilometer dengan jarak tempuh 16 jam 25 menit.

Kepada wartawan Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro menyampaikan KA Blambangan Ekspres ini memiliki dua kelas yakni eksekutif dan ekonomi new generation dengan total membawa 408 penumpang.

Melansir Antara, untuk harga tiket kelas ekonomi seharga Rp 505.000 sementara kelas eksekutif dengan harga Rp 775.000. Tentu ada alasan KAI memperpanjang rute KA Blambangan dari sebelumnya Ketapang – Semarang Tawang menjadi Ketapang – Pasar Senen.isatawan yang

Hal itu terkait upaya untuk menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi Banyuwangi yang selama ini dikenal sebagai daerah dengan ragam tempat wisatanya. Sebut saja kawasan Gunung Ijen hingga Hutan Alas Purwo, dan beberapa pantai indah di Banyuwangi.

Sebelumnya Blambangan Ekspres lebih dulu diresmikan pada 2 Desember 2022 di Stasiun Ketapang. KA Blambangan Ekspres awalnya dioperasikan untuk membantu koneksi masyarakat Banyuwangi yang hendak menuju Semarang atau sebaliknya.

Saat pertama kali beroperasi tahun 2022 lalu kereta ini juga memiliki dua kelas yakni ekonomi dan eksekutif. KA Blambangan Ekspres saat itu berhenti di beberapa stasiun seperti Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang.

Nama Blambangan Ekspres diambil dari nama Kerajaan Blambangan. Kerajaan Hindu ini berdiri di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan, ujung timur Pulau Jawa. Kerajaan Blambangan berdiri pada abad ke-13 hingga ke-18.

Tentu saja dengan hadirnya Blambangan Ekspres membantu para penumpang yang akan menuju Banyuwangi dari Jakarta atau sebaliknya. Jika sebelumnya transportasi dari Jakarta menuju Banyuwangi hanya memakai pesawat atau bus.

 

 

Share
Lifestyle Update
BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Turkiye's Hagia Sophia Charges IDR425 Thousand Entry Fee for Fore...

One of Turkey’s iconic historical buildings, Hagia Sophia, is a must-see when traveling to Istanbul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.