• Sunday, 06 October 2024

Tidur yang Buruk Ibu Hamil Dapat Berkaitan Terhadap Tumbuh Kembang Janin

Tidur yang Buruk Ibu Hamil Dapat Berkaitan Terhadap Tumbuh Kembang Janin
Ilustrasi ibu hamil (Shutterstock)

SEAToday.com, Jakarta - Tidur yang buruk selama kehamilan tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan sang ibu, melainkan juga berkaitan dengan keterlambatan tumbuh kembang pada saraf anak.

Dilansir dari laman Medical Daily, menemukan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism sedang menyelidiki bagaimana kedua hal tersebut dapat berkaitan satu sama lain.

Selama proses penelitian, para peneliti menindaklanjuti kelompok 7059 pasangan ibu-anak di Hefei, Cina, dan mengumpulkan data tidur para peserta melalui Pittsburgh Sleep Quality Index pada minggu ke-24 hingga 28 dan 32 hingga 36 kehamilan.

Tak hanya itu, tim peneliti juga menyaring anak-anak untuk keterlambatan perkembangan dari usia 6 bulan hingga 3 tahun dan menganalisis hubungan antara durasi tidur ibu dan risiko keterlambatan perkembangan saraf. Mereka menilai adanya peran kadar C-peptida dalam serum darah tali pusat, yang memiliki fungsi sebagai indikator stabilnya sekresi insulin pada janin.

"Kurang tidur selama kehamilan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah perkembangan saraf pada anak-anak, yang memengaruhi kemampuan kognitif, perkembangan perilaku, dan kemampuan belajar mereka," tulis para peneliti dalam rilis berita.

Di sisi lain, peneliti juga telah melakukan temuan menarik lainnya yang mengungkapkan bahwa anak laki-laki memiliki risiko lebih tinggi mengalami keterlambatan perkembangan saraf dibandingkan dengan anak perempuan ketika ibu mereka mengalami durasi tidur yang pendek selama kehamilan.

Hal tersebut membuat para peneliti mengusulkan penjelasan yang memungkinkan untuk keterlambatan perkembangan yang terkait dengan durasi tidur yang pendek selama kehamilan. Mereka berpendapat bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme glukosa ibu yang dapat mempengaruhi sekresi insulin janin seperti yang ditunjukkan oleh kadar C-peptida dan, pada gilirannya, perkembangan saraf mereka.

"Penelitian ini menyoroti pentingnya mengelola kesehatan tidur selama kehamilan. Dengan menjelaskan hubungan antara tidur ibu selama kehamilan dan perkembangan saraf anak, penelitian kami memberdayakan keluarga dengan pengetahuan yang dapat membentuk kebiasaan kehamilan yang lebih sehat dan berkontribusi pada kesejahteraan generasi berikutnya. Memperbaiki kebiasaan tidur selama kehamilan dapat mencegah atau mengurangi risiko masalah perkembangan saraf pada anak-anak," kata penulis utama studi Dr. Peng Zhu dalam rilis berita

"Kesehatan prenatal tidak hanya penting bagi ibu hamil, tetapi juga untuk kesehatan jangka panjang bayi yang belum lahir," kata Zhu.

Penulis: Hepy Marshanda

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.