• Friday, 20 September 2024

5 Wisata di Bogor yang Ramah Anak

5 Wisata di Bogor yang Ramah Anak
Kampoeng Wisata Cinangneng, Bogor. (dok: Instagram/@kampoengwisatacinangneng)

SEAToday.com, Jakarta - Momen akhir pekan menjadi waktu yang ditunggu oleh keluarga terutama anak-anak. Di waktu ini, anak-anak biasanya mencari tempat wisata atau bermain untuk mengisi waktu luang mereka.

Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki sejumlah wisata yang ramah anak untuk dikunjungi. Simak tempat wisata ramah anak di Bogor berikut ini.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang banyak menjadi incaran. Di tempat ini anak-anak bisa menggelar piknik seru sambil menambah wawasan tentang tumbuhan di kebun raya seluas 87 hektare ini.

Selain itu, bisa juga sambil menikmati udara sejuk di tanah lapang hijau yang dapat menyegarkan pikiran dan memanjakan mata.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa bermain bersama rusa yang berkeliaran bebas di halaman Istana Negara.

Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat.

2. Museum Zoologi

Masih di area kawasan Kebun Raya Bogor, terdapat sebuah museum yaitu Museum Zoologi. Di tempat ini, anak-anak bisa belajar tentang kerangka hewan yang tersimpan rapi.

Terdapat berbagai macam kerangka dan tubuh hewan yang bisa dipelajari oleh anak-anak, seperti paus biru, kepiting raja dari Jepang, serta aneka jenis burung dan serangga.

Selain itu, Museum Zoologi juga memiliki koleksi ikan, kelelawar, tumbuhan purba hingga kadal raksasa.

Museum Zoologi berada di Jl. Ir. H. Juanda, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

3. Kidzoona Bogor

Jika ingin mengenalkan anak pada berbagai profesi untuk memberikan edukasi dalam ia memilih cita-citanya, bisa mengunjungi Kidzoona.

Taman bermain yang berisi pengenalan berbagai jenis profesi ini memiliki fasilitas yang lengkap dan menyenangkan. Anak-anak dapat bermain role playing sesuai profesi yang diminati atau mencoba aktivitas edukasi lain seperti menari, membuat prakarya, sampai bermain permainan tradisional.

Dengan sederet aktivitas seru yang edukatif, tempat wisata ini jelas bisa membantu anak mengasah kemampuan motorik dan sensoriknya.

Kidzoona Bogor berada di Jl. Tegar Beriman No.1, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Untuk orang tua yang ingin mengenalkan anak ke lingkungan alam terbuka seperti di pedesaan, bisa mengunjungi Kampoeng Wisata Cinangneng.

Tempat ini merupakan desa wisata ramah anak yang menyediakan berbagai aktivitas yang sangat lengkap, misalnya memandikan kerbau, menanam padi, atau belajar memasak makanan tradisional.

Untuk kegiatan seni, tempat wisata anak ini juga menyediakan kegiatan bermain alat musik tradisional, kelas menari tradisional, dan membuat wayang dari daun.

Selain bisa membuat anak lebih dekat dengan alam, momen liburan ini juga bisa menambah wawasan anak tentang kekayaan budaya Nusantara.

Tempat wisata ini terletak di Jl, Babakan Kemang RT 01/02, Cihideng Udik, Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

5. Taman Bunga Nusantara

Selanjutnya ada Taman Bunga yang bisa dikunjungi di Bogor yaitu Taman Bunga Nusantara. Taman bunga ini terletak di ketinggian 750 mdpl dengan suhu rata-rata harian 20-27 derajat celcius.

Taman Bunga Nusantara dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia, mulai dari Amerika Selatan, Australia, Afrika serta Asia.

Taman bunga ini memiliki aneka jenis bunga yang beragam. Anak-anak juga bisa belajar hal baru di Museum Kehidupan yang menampilkan siklus perkembangan tumbuhan, mulai dari dari bertunas, berakar, tumbuh, berbunga, hingga kemudian diganti dengan tanaman yang baru.

Taman Bunga Nusantara juga memiliki danau angsa yang menjadi tempat tinggal berbagai ikan dan angsa yang berasal dari mancanegara, antara lain angsa hitam (Cygnus atratus) yang berasal dari Australia, dan angsa putih (Cygnus olor) dari Eropa.

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi - Cianjur, Jawa Barat.

Share
Lifestyle Update
Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.