• Sunday, 06 October 2024

Wajib Dicicipi, Intip 5 Kuliner Khas Medan Selain Mi Gomak

Wajib Dicicipi, Intip 5 Kuliner Khas Medan Selain Mi Gomak
Ilustrasi - Mi Balap khas Medan. (dok: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Medan, Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang memiliki segudang kuliner khas yang nikmat dan wajib dicicipi.

Salah satu kuliner yang terkenal yaitu Mi Gomak yang dulunya disajikan dengan cara digomak (diambil menggunakan tangan) dan diletakkan di atas piring. Hal itulah yang membuat makanan ini dinamai Mi Gomak.

Namun, selain Mi Gomak masih banyak kuliner khas Medan lainnya yang wajib dicicipi. Kuliner ini pun begitu populer dan rasanya tidak kalah enak.

Berikut kuliner khas Medan yang wajib dicicipi selain Mi Gomak.

1. Mi Balap

Sesuai dengan namanya, makanan ini memiliki keunikan yaitu, penyajiannya yang super cepat, seperti sedang balapan. 

Ketika memesan makanan ini, maka kamu akan menerimanya dengan cepat. Seporsi mi balap terdiri dari bihun, mi kuning, mi tiauw, tauge, dan telur orak-arik.

Uniknya, mi balap disajikan di atas daun pisang sehingga ini menambah daya tarik makanan khas Medan ini.

Umumnya, makanan ini mulai dijual pada pagi dan malam hari dengan harga per porsi mulai dari Rp5.000.

2. Lontong Medan

Lontong Medan merupakan salah satu kuliner khas Medan yang cocok disantap sebagai menu sarapan. Seporsinya terdiri dari lontong, mi, kacang goreng, dan sayuran kuah santan berwarna kuning kemerahan.

Lontong Medan terbuat dari beras ketan yang direbus hingga menjadi nasi ketan yang pulen dan kenyal. Nasi ketan ini kemudian dipotong-potong menjadi bentuk lontong dan disantap dengan menu sayur khas Medan, seperti labu siam, kacang panjang, daun melinjo, dan tauge.

Bumbu tauco yang menjadi andalan memberikan kesan yang unik pada lontong Medan. Tidak hanya memberikan cita rasa yang gurih, bumbu tauco juga memberikan aroma yang khas dan menggugah selera.

Lontong Medan biasanya disajikan dengan ditaburi kerupuk, irisan daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

3. Nasi Kentut

Jika dilihat dari namanya, makanan khas Medan ini mungkin terkesan jorok akibat penggunaan kata "kentut". Namun jangan salah, cita rasa makanan ini sangatlah lezat.

Penggunaan kata "kentut" sendiri karena makanan ini dibuat dengan bumbu unik bernama daun kentut alias daun sembukan. 

Sebenarnya, nasi kentut ini merupakan makanan yang terbuat dari nasi pada umumnya. Kemudian, terdapat berbagai lauk sebagai pendampingnya.

Hal menarik yang membuatnya berbeda dari nasi bungkus lainnya, yaitu penggunaan daun sembukan atau daun kentut sebagai pembungkusnya.

Nasi kentut biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ikan teri, pepes oncom, tumis sayur, ayam goreng, dan masih banyak lagi. 

4. Bihun Bebek Medan

Bihun Bebek Medan terdiri dari bihun yang disajikan dengan kuah khas serta suwiran daging bebek yang lezat, lengkap dengan sayuran sebagai pelengkapnya.

Namun sebelumnya menikmatinya, perlu diperhatikan tempat menyantap bihun bebek ini. Hal ini karena beberapa rumah makan menyajikan Bihun Bebek Medan dengan bahan non-halal.

Hidangan ini menyajikan bihun dilengkapi topping berupa bebek rebus, dengan bawang putih cincang yang digoreng, ditambah daun selada dan seledri. Sementara, kaldunya berasal dari kaldu yang dipakai buat memasak bebek.

5. Martabak Piring

Tidak lengkap rasanya setelah mencoba makanan berat, tidak mencoba camilan khas Medan. Salah satu yang populer yaitu Martabak Piring.

Martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya karena memiliki ukuran dan cara membuat yang berbeda.

Martabak ini dibuat menggunakan piring kecil berbahan kaleng. Penggunaan piring tersebut dapat membuat suhu memasak menjadi stabil, yang membuat martabak matang dengan sempurna, dan bagian luarnya memiliki tekstur yang gurih. 

Martabak Piring dimasak di atas bara api sehingga menghadirkan cita rasa khas yang akan terasa lezat di mulut.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.