• Wednesday, 22 May 2024

Yen Melemah Bikin Kunjungan Turis Asing ke Jepang Melonjak Tajam

Yen Melemah Bikin Kunjungan Turis Asing ke Jepang Melonjak Tajam
Ilustrasi Shibuya, Jepang (Photo by Jezael Melgoza on Unsplash)

 

SEAToday.com, Jakarta-Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang dicintai pelancong dari seluruh dunia. Mata uang yen yang melemah turut membuat kunjungan turis asing melonjak tajam.

Dilansir dari laman Business Insider, Negeri Sakura baru saja memecahkan rekor turis pre-pandemi, dengan 3,1 juta turis asing pada Maret 2024. Pemerintah mengatakan bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk melampaui target 32 juta turis asing tahunan pada 2025 tahun ini, setelah 8,6 juta turis berkunjung pada kuartal pertama 2024.

Jepang dibuka untuk turis pada Oktober 2022, setelah lebih dari dua tahun pembatasan yang ketat akibat pandemi. Kerinduan berwisata dipadu dengan mata uang yang lebih murah, telah mendorong rekor jumlah pengunjung.

Wisatawan tinggal lebih lama dan membelanjakan lebih banyak uang karena yen melemah, yang membuatnya lebih murah bagi turis asing untuk membeli akomodasi, kegiatan, makanan, dan oleh-oleh. Yen telah jatuh hampir 10 persen dari tahun ke tahun, dibandingkan dengan dolar.

Mata uang Jepang telah terdepresiasi sebagian besar karena tingginya suku bunga di AS, yang membuat dolar lebih menarik bagi para investor. Kenaikan suku bunga bersejarah di Jepang bulan lalu - yang pertama sejak 2007 - tidak banyak membantu membalikkan tren penurunan.

Jepang adalah tempat yang menarik bagi para turis karena statusnya sebagai ikon budaya dan hiburan, keajaiban alam, dan kulinernya yang unik. Wisatawan dari Korea Selatan, China, Taiwan, dan Amerika Serikat mendominasi dari pengturis unjung asing pada Maret, menurut Organisasi Pariwisata Nasional Jepang.

Maskapai penerbangan Jepang seperti Japan Airlines dan ANA berencana untuk memanfaatkan booming pariwisata dengan membuka lebih banyak rute dari Asia.

Penurunan tajam yen juga telah meningkatkan permintaan untuk barang-barang mewah. Para turis asing mengambil keuntungan dari diskon mata uang dengan memborong produk-produk yang lebih murah di Jepang dari merek-merek premium seperti pembuat jam tangan Swiss TAG Heuer, Chanel, dan Prada, Bloomberg melaporkan pada awal bulan ini.

Meskipun yen yang lemah menciptakan titik manis bagi orang asing, hal ini sangat merugikan wisatawan Jepang.

Share
Lifestyle Update
BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Turkiye's Hagia Sophia Charges IDR425 Thousand Entry Fee for Fore...

One of Turkey’s iconic historical buildings, Hagia Sophia, is a must-see when traveling to Istanbul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.

Infographic