• Thursday, 19 September 2024

7 Makanan Khas Kalimantan Timur, Ada Sate dari Daging Rusa

7 Makanan Khas Kalimantan Timur, Ada Sate dari Daging Rusa
Ilustrasi sate. (Photo by Ali Burhan on Unsplash)

SEAToday.com, Jakarta - Indonesia terkenal dengan kekayaan gastronominya, tidak terkecuali dengan makanan khas dari Kalimantan Timur. Sajiannya bahkan ada yang bercita rasa unik, seperti sate payau yang terbuat dari daging rusa.

Selain itu, apa saja makanan khas dari Kalimantan Timur lainnya? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berikut ini.

1. Sate payau

Pengolahan sate payau terbilang cukup sederhana, yaitu memadukan potongan daging rusa dengan campuran saus kecap dan cabai merah kering. Perpaduannya menciptakan rasa asin, manis, dan pedas, serta tekstur daging yang empuk.

2. Ayam cincane

Ayam cincane diolah dengan menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Kunci kelezatan sajian ini ada pada bumbu rempah-rempah yang digunakan, seperti santan, asam jawa, jeruk nipis, bawang merah, cabai, kemiri, jahe, lengkuas, daun salam, serai, terasi bakar, serta kecap manis.

Sebelum diolah, rempah-rempah dihaluskan terlebih dahulu, lalu ditumis hingga harum. Lalu, bumbu halus dibalurkan ke tubuh ayam, dan diungkep sampai dagingnya empuk.

Kemudian, ayam dibakar atau dipanggang menggunakan arang. Bumbu rempah-rempah yang harum akan meresap dalam setiap suwiran daging ayam.

3. Nasi bekepor

Sekilas, nasi bekepor terlihat mirip dengan nasi liwet maupun nasi uduk di Jawa. Bedanya, nasi bekepor menggunakan minyak sayur, cabai, ikan asin, daun salam, kemangi, dan beberapa campuran rempah-rempah.

Paduan ini menghadirkan cita rasa lebih gurih di setiap suapannya. Biasanya, nasi bekepor dimasak secara tradisional menggunakan kayu bakar atau arang. Biar makin mantap, nasi bekepor cocok disantap dengan daging bumi hangus, ayam cincane, maupun sambal raja khas Kutai.

4. Gence ruan

Gence ruan merupakan olahan ikan haruan atau dikenal dengan ikan gabus. Bukan digoreng, ikan gabus pada gence ruan diolah dengan cara dibakar di atas bara api secara langsung.

Setelah dibakar, ikan gabus akan disiram dengan bumbu khas Kalimantan timur yang dinamai "gence", yang terbuat dari campuran rempah-rempah dan cabai.

5. Daging masak bumi hangus

Makanan ini dinamai "daging masak bumi hangus" bukan karena olahannya gosong dan tidak layak konsumsi, tetapi karena tampilan hitamnya yang mirip masakan hangus karena menggunakan kecap manis sebagai bumbu utama.

Daging masak bumi hangus adalah sajian khas Kalimantan Timur yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Potongan daging tersebut kemudian dimasak cukup lama menggunakan kecap dan berbagai rempah-rempah. Saat matang, daging masak bumbu hangus bercita rasa manis dan gurih yang menggugah selera.

6. Pisang gapit

Sesuai dengan namanya, pisang gapit adalah hidangan pisang yang digapit atau dijepit, lalu dibakar hingga setengah matang. Setelah itu, pisang disiram dengan saus manis kental yang terbuat dari gula merah, santan, daun pandan.

7. Sayur gangan asam Kutai

Sajian ini dibuat dari potongan kepala ikan gabus sebagai salah satu bahan campuran utama. Selain itu, isian sayur asam satu ini biasanya terdiri dari sayur kangkung, talas, serta jantung pisang batu.

Berbeda dengan olahan sayur asam pada umumnya, sayur asam khas Kalimantan Timur ini memiliki rasa kaldu ikan yang cukup kuat. Ditambah dengan campuran bumbu yang khas, sajian ini menciptakan perpaduan rasa gurih, asam, dan segar.

Share
Lifestyle Update
Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.