• Saturday, 04 May 2024

Gemuruh Rakyat Sambut Bung Karno Nyanyikan Lagu Bersuka Ria

Author: Rahvana Lintas Anarki
April 23, 2024
Gemuruh Rakyat Sambut Bung Karno Nyanyikan Lagu Bersuka Ria
Bung Karno dan anaknya, Megawati Soekarnoputri menari lenso | Buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

SEAToday.com, Jakarta-Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un baru saja merilis lagu. Ia menciptakan sebuah lagu yang bertemakan puja-puji dirinya sebagai: Ayah yang Ramah. Upaya unjuk gigi Kim Jong Un menunjukkan sisi lainnya disambut kehebohan.

Sebenarnya, urusan kepala negara menciptakan lagu dan bernyanyi bukan cuma dilakukan Kim Jong Un saja. Dulu kala Presiden Indonesia pertama, Soekarno pernah melakukannya. Ia membuat suatu lagu dan populer. Bagaimana bisa?

Misi Soekarno memajukan kebudayaan nasional tak pernah mudah. Keinginan itu dibalutnya dengan rasa alergi yang tinggi terhadap budaya barat. Alergi tak hanya diperlihatkan dengan ramainya gaya hidup digandrungi generasi muda, tapi juga urusan musik.

Pelabelan pun terjadi. Barang siapa yang menggunakan dan memainkan musik barat dianggap tak nasionalis. Pro dan kontra berkecamuk. Bung Karno justru ogah peduli. Ia terus tancap gas menunjukkan keseriusannya memajukan budaya nasional.

Bung Karno, sang pemimpin negara turut menjelma jadi agen budaya. Ambil contoh dalam penyambutan tamu negara. Bung Karno tak pernah mau menghadirkan dansa-dansi ala barat. Ia memilih tariannya sendiri untuk menyambut tamu. Tarian itu adalah tari Lenso, sebuah tarian pergaulan asal Ambon, Maluku.

Bung Karno mempersiapkan pertunjukan tari Lenso dengan baik. Band pengiring dipersiapkan untuk membawa lagu berirama cha-cha. Setelahnya, Bung Karno maju ke lantai dansa. Ia mengajak tamu wanita secara bergantian berlenso ria.

“Bung Karno amat senang menari Lenso, tentu saja ala Bung Karno. Setiap ada acara ramah-ramah di mana saja ia selalu memerintahkan agar band yang telah ada segera memainkan lagu-lagu cha-cha. Bung Karno segera berdiri dan mengajak seorang ibu untuk bersama dia menari Lenso dan memerintahkan semua pejabat yang hadir supaya mengikuti jejaknya,” tutur ajudannya Bambang Widjanarko dalam buku Sewindu Bersama Bung Karno (2010).

Perlahan-lahan status tari Lenso naik kelas. Tarian yang awalnya hanya hadir dalam tiap hajatan kenegaraan biasa, justru menjelma jadi alat diplomasi – semacam bagian dari soft power diplomacy. Tari Lenso ala Bung Karno sudah jadi semacam saluran pergaulan.

Bung Karno ingin memperkenalkan tari Lenso ke negara yang akan dikunjunginya. Banyak pemimpin negara di dunia merasa tersanjung, karena Bung Karno mau repot-repot. Para jurnalis pun tak luput mengabadikan momen Bung Karno menari lenso.

Momen Bung Karno menari Lenso bersama wanita cantik tak jarang terpampang di halaman muka Koran. Kondisi itu persis terjadi saat Bung Karno melawat ke Filipina pada 1963. Bung Karno justru kaget Presiden Filipina Diosdado Macapagal mempersiapkan tarian Lenso yang telah dipelajari dari Indonesia.

Bung Karno lalu tak kuasa menahan gairah sambutan. Ia lalu bangkit untuk menari lenso dengan wanita-wanita cantik. Ia tak peduli dengan cara jurnalis setempat menulis tentangnya. Satu-satunya yang dipedulikan Bung Karno adalah tari Lenso bisa mendunia.

“Dua orang wanita muda tampil dari dalam kelompok ensemble itu dan meminta kepadaku untuk turut menari lenso. Sukar untuk menolaknya, karena itu aku mulai menari dan GEGER! Kilat lampu! Jepretan kamera! Dan induk karangannya: Lihat Sukarno pengejar cinta mulai lagi,” jelas Bung Karno dalam otobiografinya yang ditulis Cindy Adams berjudul Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia (2010).

Album Musik Lenso

Misi Bung Karno memperkenalkan tari Lenso terus berlanjut. Ia mulai mengajak musisi kenamaan Indonesia untuk berdiskusi terkait upaya pengembangan tari Lenso di Nusantara. Nama besar musisi seperti Bing Slamet dan Jack Lesmana dilibatkan.

Mereka merencanakan lahirnya sebuah album musik Lenso. Bung Karno ikut terlibat. Ia menciptakan sebuah lagu dalam proyek album musik itu. Lagu itu dikenal luas dengan judul Bersuka Ria. Lagu yang kemudian dinyanyikan oleh Rita Zahareah, Nien Lesmana, Titiek Puspa, dan Bing Slamet.

Orkes Irama yang dipimpin oleh Jack Lesmana turut jadi pengiring lagu. Bung Karna dalam karyanya mencoba menciptakan lagu dengan meramu ragam unsur. Selentingan politik, kejenakaan, dan riang gembira. Alias, Bung Karno mencoba mengajak masyarat sejenak menikmati hidup.

Kadang pula memberi arti hidup tak harus selalu serius dan butuh bersenang. Gambaran itu terliat dalam lirik jenaka: Pagar kawat pagar berduri/Cat basah jatuh di kabel/Kalau niat mencari istri/Saya pilih yang pinter nyambel.

Lagu bersuka Ria lalu bersanding dengan tujuh lagu lainnya. Ada lagu Gendjer-Gendjer, Euis, Gelang Sipaku gelang, serta Burung Kakatua. Judul album pun tak kalah mentereng, Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso. Album itu dirilis pada 1965 oleh The Indonesian Music Company Irama.

Gemuruh Bersuka Ria

Popularitas lagu Berusa Ria yang konon adalah satu-satunya lagu yang pernah diciptakan Bung Karno populer di mana-mana. Lagu itu cepat akrab dalam ingatan rakyat Indonesia. Eksistensi lagu lalu dibuktikan andil Bung Karno bernyanyi dan mengajak rakyat Indonesia menyanyikan Bersuka Ria.

Momentum itu terlihat dalam Musyawarah Nasional Teknik (Munastek) di Istora Senayan, 30 September 1965. Hajatan itu membuat Bung Karno percaya diri membawakan lagu Bersuka Ria. Ia mengajak rakyat yang hadir untuk bersama-sama bernyanyi.

“Saudara-saudara dan anak-anak sekalian, belum-belum sudah sedikit berdebar-debar, karena saya dari tempat sana dibawa ke sini itu diiringkan. Ya baiklah mari kita bersuka ria. Semuanya bisa bernyanyi bersuka ria, bukan? Semua bisa? Situ? Sini? Benar, sukarelawati semua dapat?” pekik Bung Karno dalam amanatnya sebagaimana dikutip Bonny Triyana dan Budi Setiyono dalam buku Revolusi Belum Usai (2014).

Gemuruh hadirin menyanyikan Bersuka Ria membuat Bung Karno bersemangat. Semangat itu membuktikan bahwa lagu Bersuka Ria yang diciptakan dan nyanyikan Bung Karno mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia.

Lagu itu masih dapat dinikmati hingga kini, walaupun zaman sudah jauh berganti. Untuk mengembalikan ingatan akan lagu, berikut penggalan lagu ciptaan Bung Karno- Bersuka Ria:

Mari kita bergembira sukaria bersama
Hilangkan sedih dan duka mari nyanyi bersama
Lenyapkan duka lara bergembira semua
Lalalaalaa laaaa la mari bersuka ria

Siapa bilang bapak dari blitar
Bapak kita dari prambanan
Siapa bilang rakyat kita lapar
Indonesia banyak makanan.

 

Share
Lifestyle Update
BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

SEAToday.com, Seoul -BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”. Jungkook's first s...

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

SEAToday.com, Ho Chi Minh-As a country, Vietnam generates 15 million tons of waste per year, with a significant contribution from its two largest cities, Ho Chi Minh City and Hanoi. To solve the waste...

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

SEAToday.com, Seoul-In South Korea, every man is required to undergo military service at the latest at the age of 28, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military s...

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

SEATOday.com, Jakarta-The South Korean indie rock band, The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpu...

Turkiye's Hagia Sophia Charges IDR425 Thousand Entry Fee for Fore...

SEAToday.com, Istanbul - One of Turkey’s iconic historical buildings, Hagia Sophia, is a must-see when traveling to Istanbul. However, as of January 15, foreign tourists are charged 25...

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

SEAToday.com, Jakarta-South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards (BBMA) on November 19. The news was confirmed through BBMA's Instagram account on Wednesday (11/8...

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

SEAToday.com, Jakarta-The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6. Based on information from event organizers, NICE Entertainment, tickets fo...

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

SEAToday.com, Kobe-After an exquisite hiatus of seven years, PARAMABIRA (Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara) made a triumphant return to grace the international choir stage: This time, at the 3rd S...

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

SEAToday.com, Seoul-With just a year since the formal debut, NewJeans has made waves across the K-pop industry, social media and on the global charts. And on Sunday (19/11), Danielle, Haerin, Hye...

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

SEAToday.com, Jakarta - K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia Arena, Senayan, on January 13&nda...

Infographic