• Saturday, 19 October 2024

3 Musisi Indonesia yang Pernah Manggung di SXSW Amerika Serikat

3 Musisi Indonesia yang Pernah Manggung di SXSW Amerika Serikat
Reality Club Membatalkan Tampil di Festival SXSW (Instagram @realityclub)

SEAToday.com, Texas – Festival musik South By Soutwest atau disingkat SXSW berlangsung di Austin, Texas, Amerika  Serikat. SXSW selalu diadakan pada bulan Maret setiap tahunnya. Festival ini pertama kali digelar pada tahun 1987.

Festival ini kerap mengundang banyak musisi Indonesia untuk manggung di sana. Yang terbaru adalah band Reality Club yang membatalkan untuk tampil karena berhubungan dengan konflik Israel dan Palestina di Gaza.

Dalam postingan di akun Instagram Reality Club, alasannya karena SXSW  mendapatkan dukungan dari Angkatan Darat Amerika Serikat yang pro dengan Israel. “Sehubungan dengan informasi baru bagi kami mengenai Angkatan Darat AS yang menjadi sponsor utama SXSW dan partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina, kami telah memutuskan untuk menarik diri dari SXSW,” tulis akun Instagram itu dalam pernyataan bahasa Inggris.

Pengumuman Itu langsung membuat para fans Reality Club menyayangkan karena kesempatan bisa tampil di ajang festival besar seperti SXSW batal. Sebenarnya sebelum Reality Club beberapa musisi tanah air juga sempat manggung di SXSW.

1.White Shoes and The Couples Company

White Shoes and The Couples Company tampil di SXSW pada tahun 2008 silam. Band beranggotakan enam personel ini dikenal sebagai band indie pop yang sering menggelar pertunjukan di luar negeri. White Shoes and The Couples Company juga sering membawakan lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen menjadi lebih keren.

2.The Sigit

Setahun setelah White Shoes and The Couples Company giliran The Sigit yang mampir di SXSW. Band asal Bandung ini menawarkan musik dengan genre rock. Semua lagu-lagu The Sigit dibuat dengan lirik bahasa Inggris sehingga pesan lagu lebih mudah tersampaikan saat konser di luar negeri.

3.Shaggydog

Dari Yogyakarta ada Shaggydog. Shaggydog tampil di ajang SXSW tahun 2016. Bahkan kala itu band yang terkenal dengan lagu ‘Di Sayidan’ ini tampil sampai dua kali. Band yang berdiri sejak tahun 1990-an ini sukses menghibur penonton di SXSW.

4.Nadin Amizah

Penyanyi Nadin Amizah juga pernah tampil di SXSW tahun 2023 lalu. Namun saat itu SXSW tidak digelar di Amerika melainkan di Sydney, Australia. Ketika mengetahui Reality Club membatalkan diri tampil di SXSW, lewat sosial medianya Nadin terkejut dan baru mengetahui kondisi yang sebenarnya. Nadin seperti ada penyesalan dalam dirinya.

 

 

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.