• Friday, 20 September 2024

Wajib Dikunjungi, 5 Tempat Wisata di Lombok Barat

Wajib Dikunjungi, 5 Tempat Wisata di Lombok Barat
Pantai Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (dok: pinterest)

SEAToday,com, Jakarta - Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata alam untuk dikunjungi.

Lombok Barat memiliki banyak destinasi wisata alam mulai dari pantai, hutan, hingga air terjun yang tentunya dapat memanjakan mata wisatawan.

Berikut 5 tempat wisata Lombok Barat yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Senggigi

Senggigi merupakan area resort yang paling tua dan paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang.

Pantai ini terletak di sebelah utara Kota Mataram dengan Jarak 10 km atau sekitar 10 menit perjalanan. Lokasi ini menawarkan pantai laguna, panorama alam perbukitan yang mengelilingi lokasi obyek serta pemandangan Sunset yang sangat indah.

Disamping itu juga, di lokasi obyek wisata senggigi sering digunakan sebagai tempat melaksanakan event-event budaya seperti festival senggigi.

Fasilitas yang ada sudah cukup memadai dari hotel bintang dan melati, art shop, restaurant dan hiburan umum.

2. Sekotong

Sekotong terkenal dengan keindahan panorama pantainya yang berpasir putih, menawarkan pesona alam tersendiri bagi yang mengunjunginya.

Terdapat beberapa pantai yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat seperti Pantai Mekaki, Pantai Bangko–bangko dan Pantai Sepi.

Di daerah Sekotong juga, terdapat pulau–pulau kecil yang di sebut Gili oleh masyarakat. Gili tersebut antara lain Gili Gede, Gili Poh, Gili Lontar, Gili Nanggu, Gili Rengit, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Layar, Gili Asahan, Gili Genting dan Gili Goleng.

Gili ini pun relatif masih cukup sepi. Salah satu Gili yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Gili Nanggu.

Jarak sekotong dari kota mataram 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

3. Sesaot

Sesaot adalah hutan wisata yang masih alami, asri dan indah. Hutan ini banyak dikunjungi pada saat liburan sekolah.

Biasanya Sesaot dipakai untuk kegiatan outbond untuk mengisi waktu liburan. Tidak jauh dari sesaot (masih di areal hutan wisata) terdapat sebuah sungai yang disebut Aiq Nyet.

Sungai ini tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Keaslian alam yang ada memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Tidak hanya menikmati keindahan alam, wisatawan yang berkunjung ke Sesaot juga dapat menikmati hidangan masyarakat asli Lombok.

4. Air Terjun Segenter

Salah satu wisata air terjun yang ada di Lombok Barat yaitu Air Terjun Segenter. Air terjun ini berada di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada.

Air terjun ini masih bersih dan suasana terasa sangat sejuk. Tinggi Air Terjun Segenter yaitu sekitar 20 meter yang memiliki aliran cukup deras.

Wisata air terjun ini termasuk di daerah Taman Hutan Raya Nuraksa. Jarak dari pintu gerbang taman hutan ini, sekitar 4 kilometer melewati jalur hutan-hutan yang hijau dan dapat memanjakan mata.

5. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman air tiruan dari Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani. Taman Narmada termasuk dalam salah satu tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat lokal Lombok. 

Di tempat ini, terdapat mata air yang diyakini bersumber dari sungai bawah tanah Gunung Rinjani. Mata air tersebut dipercaya memiliki khasiat, yakni membuat awet muda.

Taman ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem dengan tujuan sebagai tempat untuk beribadah dan berziarah tanpa harus berjalan ke Puncak Gunung Rinjani. 

Saat ini, Taman Narmada telah menjadi pusat rekreasi wisata di Lombok Barat. Biasanya, di bulan November dan Desember bertepatan dengan upacara Pekelem untuk peringatan Hari Pujawali umat Hindu, Taman Narmada ramai pengunjung.

Share
Lifestyle Update
Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.