• Saturday, 19 October 2024

Sarapan Sehat Bergantung Pada Jenis Kelamin Seseorang, Kok Bisa?

Sarapan Sehat Bergantung Pada Jenis Kelamin Seseorang, Kok Bisa?
Ilustrasi sarapan sehat. (source: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Sarapan untuk menurunkan berat badan dipengaruhi dari jenis kelamin seseorang. Sebuah penelitian baru telah menemukan bahwa ketika harus mengurai makanan setelah berpuasa selama berjam-jam menunjukkan pria merespons lebih baik terhadap karbohidrat, sementara wanita mengelola lemak dengan lebih efektif.

Dilansir dari Medical Daily, melalui model matematika dari para peneliti University of Waterloo telah meneliti bagaimana metabolisme pria dan wanita merespons nutrisi sarapan.

Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Computers in Biology and Medicine mengungkapkan bahwa pria biasanya lebih efisien dalam memproses makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti gandum dan biji-bijian, sementara pada wanita lebih baik dalam memecah makanan yang mengandung lebih banyak lipid atau lemak, dalam kondisi yang sama setelah berpuasa.

"Karena wanita memiliki lebih banyak lemak tubuh secara rata-rata dibandingkan pria, Anda akan berpikir bahwa mereka akan membakar lebih sedikit lemak untuk energi, tetapi ternyata tidak. Hasil dari model ini menunjukkan bahwa wanita menyimpan lebih banyak lemak segera setelah makan, tetapi juga membakar lebih banyak lemak selama berpuasa," kata Anita Layton, yang memimpin penelitian ini dalam sebuah rilis berita.

Sehingga, temuan ini juga menyoroti bagaimana pria dan wanita merespons secara berbeda terhadap rencana makan dengan jumlah kalori yang sama, memberikan wawasan yang berharga bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

"Jika Anda melihat dua piring dengan jenis makanan yang berbeda tetapi keduanya memiliki jumlah kalori yang sama, jika Anda memilih makanan yang dapat dimetabolisme oleh tubuh Anda dengan lebih efisien, maka Anda lebih mungkin untuk menurunkan berat badan," kata Layton.

Para peneliti juga mencatat bahwa perbedaan metabolisme yang berhubungan dengan jenis kelamin lebih terasa selama puasa jangka pendek.

"Gaya hidup adalah faktor besar dalam kesehatan kita secara keseluruhan. Kita menjalani kehidupan yang sibuk, jadi penting untuk memahami bagaimana keputusan yang tampaknya tidak penting, seperti apa yang harus dimakan untuk sarapan, dapat mempengaruhi kesehatan dan tingkat energi kita. Baik untuk menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan, atau sekadar menjaga energi, memahami dampak pola makan terhadap metabolisme tubuh sangatlah penting," ujar Stéphanie Abo, penulis utama studi ini.

Para peneliti berencana untuk memperluas studi mereka untuk membangun model yang lebih rinci, untuk melihat bagaimana faktor-faktor seperti usia, berat badan, dan tahapan siklus menstruasi mempengaruhi cara tubuh menggunakan energi.

Penulis: Heppy Marshanda

 

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.