• Sunday, 29 September 2024

Makeup Anti Luntur saat Cuaca Panas? Ini Tipsnya

Makeup Anti Luntur saat Cuaca Panas? Ini Tipsnya
Ilustrasi. Tips makeup anti luntur saat cuaca panas. (dok: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Cuaca panas seringkali membuat tubuh mudah berkeringat terutama ketika sedang beraktivitas di luar atau di area terbuka. Hal ini cukup mengganggu terutama bagi kaum perempuan, karena ketika berkeringat, makeup bisa luntur dan membuat penampilan tidak maksimal. 

Namun jangan khawatir, karena ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar makeup tidak luntur saat cuaca panas, yaitu:

1. Utamakan hidrasi kulit

Sebelum mengaplikasikan makeup, lakukan skin preparation dengan fokus utama untuk menghidrasi kulit. Ketika cuaca panas, dapat dengan mudah membuat tubuh dan kulit kekurangan cairan.

Tambahkan pelembab yang dapat mengunci hidrasi ke dalam skincare routine kamu. Khusus untuk penggunaan sebelum makeup pada pagi hari, pilihlah jenis pelembap dengan kandungan yang ringan

2. Selalu bawa bedak

Penting untuk selalu membawa bedak setiap bepergian di tengah cuaca panas. Kamu perlu rutin mengaplikasikan bedak jika kulit sudah mulai terlihat berminyak.

3. Gunakan base yang ringan

Gunakanlah base makeup yang ringan seperti cushion. Sebaiknya jangan gunakan foundation yang berat, sebab ini dapat menyebabkan cakey bahkan menyumbat pori-pori saat tercampur keringat.

Jika coverage dari cushion saja dirasa masih kurang, ini dapat diakali dengan menambahkan concealer. Selain itu, bisa juga memadukan concealer dengan BB cream setipis mungkin.

4. Campur bedak dan concealer 

Agar riasan tahan lama, tepuk alas bedak dengan concealer dengan spon dingin dan lembab. Mencampurnya langsung di wajah bisa membuat riasan lebih awet tahan lama. Cara ini juga membantu menghaluskan bercak dan meningkatkan sisa produk yang menempel di kulit.

5. Gunakan maskara waterproof

Untuk makeup mata, formula yang tahan air atau waterproof bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena itu, pastikan kamu menggunakan maskara waterproof dari akar ke ujung bulu mata agar tidak luntur saat keringat mengalir dari dahi.

6. Pakai setting spray

Setelah selesai berdandan, selalu pastikan untuk menggunakan setting spray dengan menyemprotnya ke seluruh wajah. Hal ini bertujuan untuk ‘mengunci’ maekup serta melembapkan kulit wajah, sehingga membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah luntur di cuaca panas.

7. Siapkan kertas minyak

Tidak hanya bedak yang harus dibawa dalam tas, tetapi kamu juga harus menyiapkan kertas minyak. Kertas minyak bisa menyerap minyak di wajah dengan menempelkannya di bagian-bagian tertentu.

Kertas minyak juga berbeda dengan tisu, karena tidak akan membuat riasan terhapus.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.