• Sunday, 06 October 2024

Rekomendasi 7 Wisata Air Terjun Populer di Indonesia

Rekomendasi 7 Wisata Air Terjun Populer di Indonesia
Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (dok: Pemkab Lumajang)

SEAToday.com, Jakarta - Berwisata ke air terjun dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Nuansa alamnya yang sejuk, membuat wisata air terjun menjadi salah satu pilihan terbaik.

Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam wisata air terjun yang menarik dikunjungi. Tidak hanya melihat aliran air yang deras, nyatanya setiap air terjun memiliki ciri khas atau karakteristik masing-masing.

Dilansir dari Kemenparekraf, berikut 7 destinasi wisata air terjun populer di Indonesia.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun megah yang berlokasi di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Air terjun ini memiliki visual yang mirip seperti tirai raksasa. Saking besarnya, ada beberapa spot untuk menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu.

Satu spot populer dan banyak diminati adalah menikmati keindahan air terjun dari atas. Meski harus berjalan 10 menit melalui beberapa tangga, wisatawan akan langsung dibuat kagum dengan kemegahan air terjun satu ini. 

Apabila beruntung, pengunjung bisa melihat Gunung Semeru dari balik dinding Air Terjun Tumpak Sewu yang membuatnya makin megah.

2. Air Terjun Manuaba

Di Bali tidak hanya tempat wisata yang umumnya dikunjungi, tetapi ada juga wisata air terjun yang tidak kalah menarik untuk disinggahi.

Air Terjun Manuaba berlokasi di Tegallalang, Gianyar, Bali. Daya tarik air terjun ini ada pada visualnya yang menawan karena dikelilingi berbagai tanaman tropis yang tumbuh subur dan menyejukkan mata.

Selain indah, masyarakat lokal percaya bahwa Air Terjun Manuaba dapat menyehatkan jiwa dan raga, karena berasal dari Danau Batur. 

3. Air Terjun Haratai

Air Terjun Haratai berada di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Untuk menikmati kesegaran Air Terjun Haratai, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri hutan terlebih dahulu.

Hal ini karena air terjun Haratai berada di tengah Pegunungan Meratus. Namun rasa lelah tersebut akan langsung dibayar lunas dengan keindahan air terjun setinggi 20 meter yang airnya mengalir sangat deras.

4. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun berada di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir. Daya tariknya berada pada aliran airnya.

Apabila air terjun mengalir ke sungai, aliran air Air Terjun Situmurun langsung menuju ke Danau Toba. Selain itu, Air Terjun Situmurun memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan tujuh undakan.

Ini membuat wisatawan bisa melihat derasnya aliran air yang sangat indah, mengikuti setiap undakan-undakan yang ada.

5. Curug Cileat

Curug Cileat terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter dan berada di bawah kaki Gunung Canggah. Hal ini pun menjadi daya tarik dari salah satu air terjun tertinggi di Subang ini.

Selain memiliki aliran deras dan hembusan angin yang menyejukkan, Curug Cileat dikelilingi hutan lebat dan rimbun, sehingga memberikan suasana asri dan menenangkan saat mengunjunginya. 

6. Geopark Ciletuh

Di kawasan Geopark Ciletuh, wisatawan akan menemukan banyak air terjun dengan karakteristiknya yang berbeda-beda. Satu yang paling populer adalah Curug Awang, karena turut dikenal sebagai “Niagara Sukabumi” berkat keindahan alam yang ada di sekelilingnya. 

Selain itu ada pula Curug Puncak Manik yang menjadi salah satu air terjun terbesar dan tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh.

Daya tarik lainnya adalah adanya dua air terjun yang bersebelahan dan memiliki aliran sangat deras. Tidak hanya itu, adanya pepohonan hijau di permukaan tebing, membuat Curug Puncak Manik makin terlihat eksotis.

 

 

7. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Meski harus menempuh sekitar 1 jam perjalanan, keindahan air terjun satu ini seakan langsung menghapus rasa lelah.

Uniknya, Air Terjun Sri Gethuk dikenal sebagai air terjun yang tidak mengenal musim. Ini karena air terjun ini memiliki aliran air yang deras, dan debitnya tidak pernah berkurang meski memasuki musim kemarau.

 

 

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.