• Sunday, 06 October 2024

5 Destinasi Sekitar Candi Borobudur yang Wajib Dijelajahi, Ide Wisata Liburan Sekolah

5 Destinasi Sekitar Candi Borobudur yang Wajib Dijelajahi, Ide Wisata Liburan Sekolah
Borobudur Land Magelang menjadi salah satu destinasi sekitar Candi Borobudur yang wajib dijelajahi dan bisa jadi ide w saat liburan sekolah. (dok. Instagram/borobudurland)

SEAToday.com, Jakarta-Menjelajah sekitar Candi Borobudur dapat masuk dalam agenda liburan Anda bersama yang tercinta. Beberapa destinasi di sekitaran candi legendaris di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersebut bahkan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Deretan kunjungan wisata ini juga bisa sebagai inspirasi untuk mengajak buah hati jalan-jalan saat liburan sekolah. Lantas, apa saja rekomendasinya? Yuk, simak selengkapnya seperti dikutip dari Indonesia Travel berikut ini.

1. Borobudur Land Wringin Putih

Destinasi ini berada di Dusun Jetis Kayu, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, sekitar 4 kilometer (km) dari Candi Borobudur. Rute yang ditempuh menuju Borobudur Land bisa menggunakan jalur yang satu arah dengan jalan di depan Candi Borobudur.

Kawasan wisata baru ini mengusung konsep wisata alam dan wisata keluarga yang Instagramable yang cocok untuk semua usia. Wisata Borobudur Land Magelang beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00--17.00 WIB.

Harga tiket masuk sebesar Rp40.000 per orang. Anak dengan tinggi badan 80 cm ke atas sudah dikenakan tiket masuk.

Beberapa wahana juga dikenakan biaya terusan, kecuali kolam renang. Harga tiket terusan ke semua wahana mencapai Rp60.000 per orang, terdiri dari Rainbow Slide, Monorail, Kereta Mini, dan Kursi Terbang. Di lokasi ini juga terdapat banyak spot foto dan selfie, juga bersantai di food court.

2. Sentra Gerabah Desa Karanganyar Borobudur

Desa Wisata Karanganyar di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang adalah sentra kerajinan gerabah terbaik di Indonesia. Di sini, Anda dapat melihat langsung pembuatan gerabah dari tanah liat, bahkan menjajal sendiri membuat gerabah dengan diajari mentor perajin gerabah.

3. Svargabumi

Svargabumi berjarak hanya satu kilometer dari Candi Borobudur. Di kawasan ini ada hamparan sawah yang hijau segar dan banyak spot foto bagus dengan latar hamparan sawah, miniatur gapura candi, hammock, hingga ayunan.

Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 per orang untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak. Tempat ini dibuka pukul 08.00--18.00 WIB pada Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) buka pukul 06.30--18.00 WIB.

4. Watu Putih Borobudur

Destinasi ini berada di Dusun Malangan, Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur. Untuk sampai ke Watu Putih Borobudur, lebih mudah jika berjalan kaki 20--30 menit dari Candi Borobudur.

Sesuai namanya, Anda dapat menemukan batu putih dan ornamen Kepala Buddha dengan berlatar tebing. Watu Putih Borobudur buka pada Senin--Jumat, mulai dari pukul 08.00--17.00 WIB, sedangkan untuk Sabtu--Minggu, mulai dari pukul 07.00--17.30 WIB.

5. Desa Wisata Wringin Putih

Desa ini menyuguhkan pemandangan pedesaan yang asri dan indah dengan latar belakang sawah dan lanskap Bukit Menoreh. Desa-desa wisata lainnya, seperti Desa Wanurejo, Desa Majaksingi, Desa Tanjungsari, dan Desa Candirejo yang ada di dekat candi juga tak kalah menarik untuk dikunjungi dan mudah ditempuh dengan berjalan kaki.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.