• Friday, 18 October 2024

7 Makanan Khas Bandung Barat, Cocok Jadi Oleh-Oleh

7 Makanan Khas Bandung Barat, Cocok Jadi Oleh-Oleh
Peuyeum, salah satu makanan khas Bandung Barat. (dok. Diskominfo Kota Bandung)

SEAToday.com, Jakarta - Berkunjung ke Kabupaten Bandung Bandung Barat tak lengkap rasanya jika tak mencoba makanan khasnya. Ragam makanan khas Bandung Barat memiliki keunikan dari segi rasa hingga pembuatannya.

Tak hanya mencicipi, aneka makanan khas Bandung Barat ini juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Lantas, apa saja sajian tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berikut.

1. Peuyeum

Peuyeum atau tapai adalah kudapan khas Bandung Barat yang terbuat dari bahan baku singkong melalui proses fermentasi. Makanan ini memiliki rasa manis dan sedikit asam.

Cara menikmatinya bisa langsung dimakan atau diolah lagi dengan cara digoreng atau dipadukan dengan tepung terigu. Anda dapat mengunjungi sentra pembuatan peuyeum di Kabupaten Bandung Barat terletak di tiga desa yakni Gunungmasigit, Citatah, dan Cipatat Kecamatan Cipatat.

2. Wajit

Wajit adalah makan olahan dari bahan baku beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Serupa kue, makanan ini dibuat dengan tahapan mengukus, membungkus, dan menjemur.

Sentra pembuatan wajit di Kabupaten Bandung Barat terletak di Kecamatan Cililin. Ada banyak macam wajit, tetapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.

3. Sate Kelinci

Jika Purwakarta punya sate terkenal bernama Maranggi, Kabupaten Bandung Barat memiliki makanan khas yakni sate kelinci. Penjual sate kelinci di Kabupaten Bandung Barat berderet sepanjang jalan menuju Lembang.

4. Gurilem

Gurilem adalah cemilan berjenis kerupuk dengan rasa gurih, asin, dan pedas. Pembuatan gurilem tidak memakai minyak goreng, melainkan dengan cara dipanggang menggunakan media pasir sungai.

Gurilem merupakan akronim dari gurih dan pelem. Sesuai namanya, kerupuk ini menyuguhkan sensasi rasa gurih dan tekstur renyah. Sentra penjual dan produksi gurilem terletak di Kecamatan Cihampelas dan Cililin.

5. Bolu Susu

Bolu Susu Lembang adalah kue bolu yang berbahan dasar susu, sehingga memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Sentra pembuatan bolu susu ini terletak di Lembang, tapi gerai toko bolu susu kini bisa ditemui di beberapa daerah Bandung Raya.

6. Opak Kolontong

Opak Kolontong adalah cemilan berbentuk bulat seperti kerupuk, namun berasa manis. Kudapan ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, dikukus, dan dikeringkan.

Setelah kering, Opak Kelontong di bakar di atas bara atau digoreng tanpa minyak menggunakan media pasir. Sentra penjualan dan pembuatan opak kelontong terletak di Kampung Cipari Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

7. Kicimpring

Kadang disebut kerupuk singkong, kicimpring adalah olahan makanan yang terbuat dari olahan singkong, yang mana memiliki variasi rasa yang beragam, dari mulai rasa gurih, asin, manis, pedas, dan merambah ke rasa rasa yang lainnya. Sentra pembuatan dan penjualan kicimpring di Bandung Barat terletak di Kampung Babakan Bandung, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang.

Share
Lifestyle Update
The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

The Land of Gods: Bali and the Legendary Kuta Area that Holds Historical Trails

Top 9 Crackers from Indonesia, Which One is Your Favorite?

Indonesians are very familiar with a variety of crackers. With their crunchy and savory texture, crackers are the perfect complement to any meal.

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist...

BTS' Jungkook became the first K-pop solo artist to achieve the longest run on Spotify's weekly global top album chart with his solo album “GOLDEN”.

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.