• Monday, 20 May 2024

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia, Ada yang Sejak 1878

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia, Ada yang Sejak 1878
Kopi Es Tak Kie, salah satu kedai kopi legendaris di Indonesia. (source: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Di Indonesia cukup banyak masyarakat peminat kopi. Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Dari fakta tersebut, tidak heran kalau di Indonesia banyak kedai kopi yang bertebaran. Namun, jauh sebelum kedai kopi yang kekinian saat ini bermunculan, banyak kedai kopi legendaris yang sudah lebih dulu hadir sejak puluhan tahun lalu.

Berikut 5 kedai kopi legendaris di Indonesia:

1. Kedai Es Tak Kie

Kedai kopi yang terletak di kawasan Glodok, Jakarta Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1927. Meski sudah 97 tahun, tapi kedai kopi ini masih terus berlanjut hingga generasi sekarang.

Kedai Es Tak Kie memiliki menu andalan yaitu kopi hitam dan kopi susu yang disajikan dingin. Biji kopi yang digunakan di sini yaitu biji kopi “Biji” yang asalnya dari Lampung, baik biji kopi robusta maupun arabika sehingga memiliki rasa yang khas.

2. Kopi Massa Kok Tong

Kedai kopi yang menawarkan kopi hitam yang khas dengan kepekatannya ini sudah ada sejak 1925. Sejak dari tahun tersebut, hingga kini Kopi Massa Kok Tong sudah hampir mencapai 1 abad.

Kopi Massa Kok Tong terletak di Pematang Siantar, Sumatera Utara yang juga terkenal dengan wisata Danau Toba dan perkebunan kopi terkenal di Indonesia.

3. Warung Tinggi Tek Sun Ho

Kedai kopi berikutnya menjadi kedai kopi tertua di Indonesia. Warung Tinggi Tek Sun Ho sudah ada sejak tahun 1878 dan hingga saat ini telah dikelola oleh lima generasi.

Kedai kopi ini menawarkan lebih dari 200 racikan kopi dan menghadirkan suasana yang klasik. Kamu bisa menemui kedai ini di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Kedai kopi ini juga dikenal sebagai Warung Koffie Tinggi.

4. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama berada di Jalan Alkateri, Kota Bandung, Jawa Barat yang sudah berdiri sejak 1930. Hingga saat ini, Warung Kopi Purnama masih menjadi incaran masyarakat yang berkunjung ke Bandung dan juga ia masih mempertahankan eksistensi bangunan zaman dulu.

Beberapa menu andalan yang ada di sini yaitu kopi susu hangat, roti selai srikaya, roti gulung sosis dan roti dadar.

5. Warung Kopi Ake

Warung Kopi Ake masuk dalam kategori kedai kopi legendaris dan tertua di Belitung. Kedai kopi ini sudah berdiri sejak 1921 hingga usianya sampai saat ini sudah mencapai 1 abad.

Hingga sekarang, kedai kopi ini sudah dikelola oleh tiga generasi. Warung Kopi Ake terletak di Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung, Bangka Belitung. Menu andalan di kedai ini yaitu kopi susu yang resepnya terbuat dari warisan turun-temurun.

Share
Lifestyle Update
BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

BTS' Jungkook Becomes First and Longest Running K-Pop Solo Artist to Top Spotify Global Chart

Free Library in Ho Chi Minh City That Promotes Zero-Waste Lifesty...

In Ho Chi Minh City, the zero-waste lifestyle is implemented in various aspects, and it has become one of the city's highlights.

South Korean Celebrities Who Will Finish Military Service in 2024

In South Korea, every man is required to undergo military service, including celebrities. Well, in 2024 some celebrities will finish their military service

The Rose Kicks Off Their Asia Tour in Jakarta

The Rose started their "Dawn to Dusk" tour in Jakarta, Indonesia, on January 20th, before making stops in Manila, Mumbai, Kuala Lumpur, and Seoul.

Turkiye's Hagia Sophia Charges IDR425 Thousand Entry Fee for Fore...

One of Turkey’s iconic historical buildings, Hagia Sophia, is a must-see when traveling to Istanbul.

Trending Topic
Popular Post

NewJeans Will Debut at Billboard Music Awards 2023

South Korean girl group NewJeans will perform at the 2023 Billboard Music Awards on November 19.

Golden Disc Awards 2024 Will be Held in Jakarta, Here are The Tic...

The 2024 Golden Disc Awards (GDA) will be held at the Jakarta International Stadium (JIS) on January 6.

PARAMABIRA, BINUS University Choir Wins International Competition...

PARAMABIRA secured victory setting the record for the highest score ever recorded in the Sing'N'Pray Kobe competition.

NewJeans Wins Top Global K-pop Artist Award at 2023 Billboard Mus...

NewJeans also won the new Top Global K-pop Artist Award. They won over Stray Kids, TOMORROW X TOGETHER, TWICE, and Jimin of BTS.

NCT 127 Concert Tickets "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY" On Sale S...

K-Pop boy group NCT 127 will hold a concert titled NCT 127 3RD TOUR "NEO CITY: JAKARTA - THE UNITY", which will be held at Indonesia.

Infographic